Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Meningkatkan Pengunjung Ke Blog Agar Banyak Traffic

Janoopedia - Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung Blog 

Cara Meningkatkan Pengunjung Ke Blog Agar semakin sukses dan menghasilkan uang memang butuh waktu untuk sukses di dunia blog.

Blog merupakan salah satu media untuk saling berbagi pengetahuan yang ada di seluruh penjuru dunia melalui blog dengan konten tertulis. Orang membuat Blog di internet beragam sekali motivasinya, ada yang untuk mencari penghasilan, berbagi pengalaman, berbagi cerita, berbagi ilmu, dll.

Jika ada pertanyaan, Apa Motivasi Kamu dalam membuat Blog? Silakan jawab di komentar. Yang pasti jawaban kamu ada banyak bukan? Apapun tujuan kamu dalam membuat sebuah blog, saya yakin bahwa pastilah kamu menginginkan blog kamu mendapatkan banyak pengunjung/ treaffic Tinggi dan terkenal?

Maka dari itu, Janoopedia membuat artikel ini agar teman – teman bisa mempelajari berbagai strategi dalam hal blogging agar blog teman teman bisa mendatangkan traffic yang tinggi dan sukses. Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh master-master dalam dunia blog dan terbukti blog mereka berada pada peringkat TOP BLOGGER.

Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung Blog

1. Kerja Keras

Ini merupakan komponen penting dalam kegiatan apapun, tak terkecuali sebagai seorang blogger. Kerja keras dalam menulis artikel dan mengembangkan blog merupakan kunci dari sukses tidaknya sebuah blog. Blogger pemula sering mengira blogging itu mudah. Tapi, apakah benar-benar mudah?

Ini jawaban rasa penasaran kamu:

  • Blogging itu perlu waktu dan kerja keras untuk menghasilkan artikel yang bermutu dan bagus.
  • Perlu konsistensi
  • Perlu waktu untuk belajar banyak hal baru untuk mengelola blog kamu.

Tetapi percayalah, semakin kamu mengerahkan waktu dan upaya pada blog kamu, maka blog kamu akan semakin baik dan lebih populer. Jika kamu hanya duduk dan menunggu, tentu tidak akan membuat blog kamu lebih baik. Jadi kuncinya adalah Sabar, Konsisten dan Kerja Keras.

2. Ahli Dibidangnya

Agar kamu tidak kesulitan dalam membuat artikel nantinya, pertama kamu harus memahami terlebih dahulu niche apa yang akan dibahas dalam artikel dan blog kamu. Kenapa begitu? Karena itu akan lebih bernilai bagi pembaca, kamu harus tahu apa yang kamu ketik di artikel tersebut. Oleh karena itu kamu harus belajar sendiri dan jika kamu seorang professional, kamu bisa memberikan tips yang berguna bagi pembaca.

Sebaiknya pelajari apa saja yang sesuai dengan tema bog yang kamu buat. Agar, nantinya kamu dapat membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung bog kamu.

3. Kenali Target Pengunjung

Untuk apa kamu membuat blog dan Untuk siapa? Pertannyaan ini harus kalian jawab karena hal ini akan secara terus menerus ada dalam diri seorang blogger. Agar banyak pengunjung, kamu harus jeli dalam membuat artikel agar artikel kamu bisa tepat sasaran dan pembaca dapat mendapatkan manfaatnya.

Ada beberapa hal yang ingin diketahui oleh pembaca :

  • Gunakan kata-kata kunci yang sering digunakan pembaca kamu.
  • Temukan masalah-masalah yang mungkin dialami pembaca.
  • Jangan sungkan membantu pembaca menyelesaikan masalah mereka.

Cobalah kamu membuat artikel dan mengandung  hal diatas, dan pastinya blog kamu akan menjadi ramai pengunjung.

4. Mulai Menulis

Jika kamu serius ingin mendapatkan sesuatu, maka berusahalah untuk mendapatkannya dan jangan menunda nunda waktu, semakin kamu menunda waktu maka kamu semakin lama memperoleh apa yang kamu inginkan.

Jika kamu lambat atau menunda nunda, kamu bisa saja kehilangan ide menarik yang ada di pikiran kamu, dan kamu akan menghadapi masalah masalah baru yang akhirnya kamu semakin lupa untuk menulis content blog kamu. Kamu bisa saja punya sejuta alasan untuk tidak mengisi blog kamu. Tapi, kamu harus bisa menyimpan ide ide kamu Sebaik mungkin.

5. Banyak Menulis

Banyak menulis akan memudahkan kamu mendapat banyak pengunjung. Mengapa? Simpel saja. Karena kamu jadi produktif menulis. Dan, tulisan-tulisan yang unik, berkualitas dan menarik hanya bisa tercipta dari mereka yang produktif menulis. Nah, pengunjung itu hanya suka dengan content blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi mereka. Ok... apa tulisan kamu sekarang sudah berkualitas dan menarik? Kalau belum, kamu harus banyak menulis. Jika kamu sudah puas dengan hasil tulisan kamu, jangan senang dulu.... Apakah traffic kamu sudah sebanyak yang kamu inginkan? Apakah pembaca benar-benar menyukai posting kamu? Kalau masih belum, berarti kamu harus terus menulis, menulis, dan menulis.

6. Simpan Draft Postingan

Ketika kamu punya banyak waktu luang untuk menulis, maka menulislah sebanyak-banyaknya. Setelah banyak menulis kamu bisa menyimpan semua tulisan di draft. Jangan publikasikan langsung semuanya. Kamu bisa mempostingnya saat sedang paceklik ide. Ya, dengan punya draft berlimpah, kamu punya lumbung ide dan artikel yang bisa pakai kapanpun.

Misalnya

  • Saat kamu perlu posting dengan tema yang sama, kamu tidak perlu mencari ide dari awal. Karena kamu sudah punya gagasan yang tinggal kamu gali lebih lanjut.
  • Saat kamu sangat sibuk sampai tak bisa mengupdate blog, lumbung tulisan ini akan sangat membantu kamu.

Dengan frekuensi menulis yang cepat kamu bisa membuat alur materi bacaan yang konsisten bagi pembaca kamu. Jadi kamu tidak cuma memberikan posting yang bermanfaat bagi pembaca kamu. Tapi kamu juga bisa menentukan waktu yang tepat kapan harus memposting suatu artikel. ”The right posting in the right time,” begitu kata orang Barat.

7. Postingan Unik

Tulis hal yang unik. Agar, pengunjung menjumpai hal berbeda dalam setiap posting kamu. Tentu saja, jika kamu merasa tema itu belum cukup diulas, kamu bisa cari referensi yang lebih banyak untuk mengembangkan tulisan kamu.

8. Berdasarkan Riset

Sebelum menulis ada baiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan atas tema yang kamu pilih. Ini perlu agar tulisan kamu terlihat hidup, nyata dan tidak fiktif. Selain itu, kamu tidak akan terjebak dengan pemakaian kata ”mungkin atau kira-kira".

Tahukah kamu kalau penggunaan kata-kata tadi bisa melemahkan posisi kamu? Kamu jadi terkesan tidak menguasai tema yang kamu tulis! Dan, pengunjung tidak akan percaya pada apa yang kamu tulis. Pengunjung itu lebih suka blog yang isinya bukan cuma khayalan tapi benar-benar nyata dan bisa mereka terapkan.

9. Postingan Ringkas

Kenapa kamu perlu membuat posting yang ringkas?

  • Kamu bisa menyampaikan pendapat dengan cara cepat. Pembaca tidak perlu meraba-raba apa yang ingin kamu sampaikan.
  • Pembaca bisa mendapatkan tips-tips yang kamu berikan secepat yang  mereka inginkan. Mereka suka menghemat waktu dan enggan membaca hal yang tidak menarik minat.
  • Memberi kesempatan pada pembaca untuk membaca sesuatu yang berbeda

Selain itu, posting ringkas akan membantu pembaca memahami dan menyerap apa yang kamu tulis. Juga memudahkan mereka membuat bookmark, share atau link ke posting kamu.

10. Tulis Secara Personal

Gunakan bahasa yang paling sederhana. Tujuannya agar pembaca bisa cepat menangkap pesan kamu. Sehingga pembaca juga yang berniat menyampaikan pesan dalam tulisan kamu kepada orang lain juga lebih mudah.

Dalam bisnis internet, antara pemilik blog dan situs web tidak bisa langsung bertemu dengan pengunjung mereka. Tapi, pengunjung harus percaya dengan apa yang mereka baca, apa yang kamu tulis. Jadi perlakukan pembaca seperti teman kamu sendiri agar mereka lebih mengenal kamu. Dan akhirnya mereka jadi pembaca setia blog kamu.

11. Tulis Judul Yang Woow

Judul adalah pemikat. Jika kamu bisa membuat judul yang langsung memaksa pembaca jatuh hati, maka besar kemungkinan tulisan kamu dibaca oleh mereka. Maka kamu perlu membuat judul yang memikat. Ya, agar pembaca bertekuk lutut dan tidak melewatkan setiap kata dalam tulisan kamu.

12. Tulis Secara Alami Dan Demi Pembaca (Kurangi Ego)

Sebagian orang mengatakan bahwa kamu harus menulis untuk search engine. Maksudnya, kamu menulis tema-tema yang paling dicari di search engine supaya blog kamu bercokol di deretan top rank. Itu tak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya kamu bisa menulis apa pun yang kamu inginkan asalkan tulisan kamu itu benar-benar didedikasikan untuk pembaca.

Alasannya begini:

  • Jika kamu sudah membidik target pasar tertentu untuk blog kamu, maka kamu tidak perlu khawatir kekurangan pengunjung. Sebab pengunjunglah yang akan mencari blog kamu.
  • Kamu sudah tahu keyword apa yang sering digunakan target pembaca kamu.
  • Kamu menggunakan kata-kata alami dan tidak dibuat-buat dalam posting kamu. Dan sebenarnya inilah yang yang paling dicari oleh search engine.
  • Yang paling penting, dengan mendedikasikan tulisan kamu untuk pembaca, maka tulisan kamu pasti akan dibaca oleh mereka. Sebab mereka butuh tahu informasi yang kamu sampaikan.
  • Dengan menulis secara alami, kata-kata yang muncul dalam tulisan kamu akan beragam dan tidak terkesan dipaksakan. Ini sangat menguntungkan untuk meningkatkan traffic kamu.

13. Format Postingan Kamu

Jika kamu ingin posting kamu dibaca sampai akhir, tidak cukup hanya bermodal dedikasi buat pembaca. Tetapi kamu juga perlu memformat posting kamu dengan baik. Buat  paragraf dan kalimat yang singkat. Gunakan juga list bullet dan subheading supaya nyaman dilihat dan mudah dipahami.

14. Link Antar Postingan

Kamu ingin pembaca membaca semua posting dalam blog kamu? Maka kamu harus membuat link untuk setiap posting yang sudah kamu tulis. Cara ini selain menambah pembaca, juga membantu blog kamu mendapat top rank dalam search engine.

15. Link Dari Luar Blog

Seperti:

  • Sejumlah riset, studi dan perbandingan
  • Posting dari blog lain yang berguna, artikel atau forum threads
  • Situs web atau tool yang lain

Dengan begini kamu menunjukkan perspektif yang lebih luas pada pembaca. Sangat membantu mereka pula untuk memahami content kamu secara lebih mendalam. Terlebih jika kamu menghubungkan tulisan kamu dengan artikel lain, pembaca bisa memahami sudut pkamung penulisan kamu. Selain itu, kalau pembaca mengklik link luar yang kamu cantumkan, kamu akan mendapat dua ucapan terimakasih. Pertama, dari pemilik situs web, blog atau artikel yang kamu link-kan.

Mereka senang karena ada tambahan pembaca. Sedang dari sisi pembaca sendiri, mereka senang karena mendapat informasi baru yang berguna buat mereka. Blog kamu mengantarkan pembaca pada informasi yang mereka inginkan.

16. Bertujuan Membantu Orang Lain

Meskipun banyak orang membaca blog hanya untuk senang-senang atau hiburan, tapi banyak juga yang membaca blog karena mencari solusi atas suatu problem yang harus dipecahkan. Maka kamu perlu mengidentifikasi masalah - masalah pembaca dan bantu mereka  memecahkannya. Dengan demikian posting kamu jadi sangat bermanfaat untuk pembaca.

17. Baca Blog Orang Lain

Membaca blog orang lain akan membantu kamu menulis konten yang lebih baik. Selain itu, dengan membaca blog lain, kamu bisa menemukan:

  • Lebih banyak ide untuk ditulis.
  • Lebih banyak yang bisa di-link-kan dengan blog kamu
  • Lebih banyak teman untuk berdiskusi
  • Tempat untuk memberikan komentar dan mendapatkan pembaca baru.

18. Bergaul Dengan Blogger

Ketika menjelajahi beberapa blog, kamu akan menemukan banyak blogger yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Dengan menuliskan komentar ke blog mereka, mereka akan melakukan hal yang sama pada blog kamu. Bahkan kalau blogger lain mengganggap content kamu menarik, tak segan mereka akan membuat link ke blog kamu.

19. Buat Blog Yang Mudah Dibaca Dan Diingat

Mudah tidaknya pengunjung mencerna tulisan dan bernavigasi di blog kamu akan menentukan tingkat traffic kamu. Selain itu kamu sebaiknya mempunyai fitur menarik di situs web kamu. Agar pembaca senang berada di halaman web kamu. Buatlah Blog kamu seperti berikut :

  • Memberi nama kategori kamu dengan menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan pengunjung kamu.
  • Membuat kategori yang jelas dan berbeda
  • Menawarkan posting yang berhubungan dengan posting kamu
  • Menggunakan ukuran font terbaik. Biasanya Verdana 10 pt.
  • Buat Link antara posting kamu sekarang dengan posting sebelumnya
  • Buat blog kamu rapi, jangan terlihat kacau balau. Kalau pun menggunakan plug in, cukup gunakan plug in yang paling perlu seperti untuk menampilkan posting terbaru, posting yang berhubungan, dan tombol social bookmark.

20. Lakukan Semuanya

Ingat dan tancapkan dalam pikiran kamu, bagaimana memulai membuat blog, mendatangkan pembaca, menjaga hubungan dengan blogger lain, sampai kemudian kamu bisa mendapatkan keuntungan. Kamu harus mengingat semua hal penting tadi. Ini penting untuk membantu kamu membangun sebuah blog hebat.Sehingga blog kamu memang pantas untuk dikunjungi dan kamu mendapatkan keuntungan dari kepopuleran blog kamu.

Demikianlah 20 Tips Cara Agar Blog Kamu Sukses dan Banyak Pengunjung, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kamu semua. Tips diatas akan sangat berguna jika kamu benar - benar mempraktekkan di blog yang kamu kelola. Memang tidak ada yang instan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, tetapi semua itu bisa kita dapatkan jika bekerja keras membangun blog kita hingga sukses.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Pengunjung Ke Blog Agar Banyak Traffic"