Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Bisnis Rumahan Sekitar Kampus Mahasiswa Kos-Kosan Kantoran

Janoopedia - Ide bisnis rumahan menjanjikan

Ide Bisnis rumahan saat sekarang ini banyak sekali modelnya. Berbagai macam usaha rumahan ini bisa dijadikan pendapatan yang besar dan tidak memerlukan modal yang banyak. Pada kesempatan artikel kali ini saya akan membagikan 10 Bisnis Rumahan Sekitaran Lingkungan Mahasiswa Kos-Kosan Kantoran yang mungkin kamu bisa jadikan referensi untuk membuka usaha.

Mengingat semakin banyaknya mahasiswa yang mencari kosan, ini dapat berdampak positif bagi masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan yang ada menyewakan kos-kosan.

Dengan kebutuhan mahasiswa yang banyak, ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi masyarakat sekitanya. Mulai dari makanan, jajanan, dll.

Tapi, sebelum menentukan usaha apa yang akan dibuka. Anda harus terlebih dahulu memperhatikan kemampuan mereka dalam membeli. Anda harus paham bahwa kebiasaan anak kos yang tinggal disana adalah kelas ekonomi menengah atau menengah keatas sehingga kebutuhannya juga bisa disesuaikan. Ini akan berdampak pada keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Bisnis Rumahan Sekitar Kampus Mahasiswa Kos-Kosan Kantoran

1. Kios Minuman

Kios minuman menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di lingkungan ini. Banyaknya mahasiswa ataupun pegawai kantoran dapat dijadikan sebagai target pasar yang baik. Mahasiswa ataupun pegawai kantoran biasanya enggan untuk membawa bekal minuman dari rumah, mereka biasanya mencari minuman yang segar bersama rekan-rekannya.

Udara yang terik dan panas mengharuskan setiap orang untuk menstabilkan suhu tubuhnya salah satunya adalah dengan cara meminum air. Jual lah minuman dingin dan segar dan buatlah tempat usaha anda senyaman mungkin agar mereka betah berlama – lama disana.

Mahasiswa biasanya apabila sudah nyaman di suatu tempat dan berkumpul dengan teman – temanya, mereka rela bertahan hingga berjam-jam larut dalam obrolan santai yang dibarengi dengan pesanan minuman di tempat usaha anda.

2. Catering

Di lingkungan sekitaran kampus atau kos – kosan seringkali dijumpai acara – acara baik acara seminar, pengajian, kumpul bareng, dll. Tentunya setiap acara pasti membutuhkan makanan untuk dipesan. Ini dapat dijadikan celah kamu untuk membuka usaha katering rumahan.

Tidak perlu modal yang besar untuk membuka bisnis katering, kamu bisa memakai modal terlebih dahulu jika ada yang ingin memesan orderan dan memakai uang DP dari pelanggan untuk membeli bahan baku. Jika masih kurang kamu bisa menambahkannya sedikit dari uang tabungan yang kamu miliki.

Usaha katering ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan terlebih lagi jika lokasi kamu memang strategis terletak dekat dengan kampus dan perkantoran. Apalagi jika usaha katering kamu sudah banyak yang mengetahui dan mereka puas dengan hasil produksi kamu.

Tentunya jika itu terjadi usaha katering kamu akan memiliki banyak langganan dan terus menjadi usaha yang besar dan sukses. Perbanyaklah link jika usaha katering kamu ingin lebih cepat maju dan memiliki banyak orderan.

3. Warteg

Warteg hampir sama dengan rumah makan tetapi skalanya lebih kecil. Usaha warteg yang berlokasi dekat dengan kampus dan kantor dapat menjadi usaha yang sangat menguntungkan dan menjanikan untuk mendapatkan keuntungan.

Warteg biasanya menjadi pilihan bagi kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran baik untuk sekedar sarapan ataupun makan siang. Harga yang terjangkau dan beragamnya menu pilihan menjadi daya tarik tersendiri untuk pelanggan sehinggah.

Menjadi seorang anak kos terkadang tidak ingin risih dengan makanan, apalagi yang laki – laki tidak ingin terlalu repot dalam hal memasak. Usaha warteg dengan harga yang pas dikantong dan lauk yang sederhana sudah banyak peminatnya kok. Mulailah dengan modal menu yang sederhana dan disukai banyak orang.

Untuk ukuran anak kos, makan dengan biaya minimal Rp. 10.000 juga sudah cukp mengenyangkan, apalagi jika lingkungan di sekitaran anda merupakan anak kos yang ekonominya menengah keatas tentu keuntungan anda akan lebih besar.

4. Jasa Laundry

Jasa laundry kiloan biasanya sangat dicari oleh mahasiswa dan pekerja kantoran, terlebih lagi untuk mereka yang sangat sibuk dalam pekerjaan sehingga tidak bisa mengurusi hal hal seperti mencuci pakaian ataupun yang lain.

Usaha laundry ini banyak disukai oleh pelanggan karena pengerjaan yang cepat dan hasilnya wangi. Serta dari sisi pelanggan mereka tidak kehabisan waktu dalam pekerjaan mereka untuk hanya sekedar mencuci pakaian.

Membuka jasa laundry kecil kecilan di rumah untuk ukuran anak kos dan pegawai kantoran sudah cukup menguntungkan. Karena anak kos itu identik dengan tidak mau ribet. Jadi mereka ingin hidup praktis dan karena banyak tugas kuliah jadi tidak sempat mengurus banyak hal selain tugas kuliahnya.

Kamu bisa memasang tarif yang kompetitif dan pas dikantong. Carilah lokasi yang strategis agar banyak orang yang mengetahui usaha laundry kamu. Serta berikan promo promo yang menarik agar semakin banyak orang yang menggunakan jasa laundry kamu.

5. Warnet dan Rental Print

Banyaknya kebutuhan mahasiswa khusunya komputer dan internet. Ide usaha ini sangatlah menjanjikan. Kenapa? Karena yang namanya mahasiswa itu identik dengan tugas – tugas yang padat yang mengharuskan mereka mengakses internet.

Membuka warnet dan Rental Print merupakan opsi yang baik dalam usaha di lingkungan mahasiswa atau kos-kosan. Anda harus mencoba usaha yang satu ini karena semua mahasiswa pasti membutuhkan jasa warnet dan Rental Print.

Mahasiswa biasanya memerlukan warnet dan rental print untuk mengerjakan tugas tugas mereka seperti proposal, makalah, dll. Bukan hanya sekedar membuat tugas mahasiswa juga memanfaatkan warnet untuk bermain game online jika mereka adalah penghobi game.

6. Rental PS

Semakin berkembangnya era teknologi digital seperti sekarang bukan berarti peminat Playstatsion punah. Karena hal ini juga diimbangi dengan perkembangan game di PS itu juga mengikuti perkembangan zaman serta kualitas yang semakin bagus.

Usaha ini sudah sejak lama digemari banyak kalangan, mulai dari anak anak hingga dewasa masih suka bermain game. Kemudahan bermain game di smartphone tidak membuat jasa rental PS kehilangan pelangganya.

Ditengah kesibukan yang padat dan tugas yang menumpuk, bisa menjadi alternatif hiburan bagi para anak kos ditengah kesibukanya. Apalagi jika menyediakan aneka jualan softdrink, jus, roti, mi bakso dan segala masakan, plus, suasananya yang dibuat sedemikian asik untuk “nongkrong” bersama teman teman.

7. FotoCopy

Fotocopy merupakan usaha yang jika kita perhatikan ada di mana mana terkhuusnya di dekat perkantoran dan kampus. Ini disebabkan karena usaha membuka jasa fotocopy ini sangat banyak dan peminatnya tidak akan pernah hilang.

Sama halnya dengan warnet, jasa Fotocopy tidak pernah sepi dari mahasiswa, anak kos dan hal hal yang berbau dengan tugas. Kamu juga bisa menjual alat tulis kantor seperti pena, buku, penghapus, dll untuk menambah keuntungan. Dalam skala besar usaha FotoCopy akan membawakan untung yang luar biasa kepada anda.

Memang dalam usaha ini kita harus memiliki biaya investasi yang tinggi untuk membeli mesi fotocopy dan semua perangkat yang dibutuhkan. Tetapi semua modal tersebut akan cepa kembali jika usaha fotocopy kamu lancar dan memiliki pelanggan yang banyak.

8. Jualan Jus

Jus buah adalah minuman sehat dan alamai. Saya rasa semua orang menyukai minuman yang satu ini, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Minuman ini dapat diterima oleh semua kalangan. Jus buah sangat dicari oleh banyak orang tidak terkecuali dengan makasiswa dan pegawai kantoran, mereka biasanya menikmati jus buah bersama teman-temanya dan menikmati waktu bersama.

Jualan Jus buah dapat kamu coba dengan modal seadanya. Teras rumah pun bisa anda jadikan sebagai etalase untuk memajang buah buah segar yang akan kamu olah menjadi jus nantinya. Terlebih lagi jika lokasi rumah kamu strategis dan dekat dengan kampus dan perkantoran, tentunya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, dll.

Keutungan dari menjual jus buah tidak kecil Loh, modal untuk membeli buah buah segar jauh lebih kecil ketika anda menjual 1 gelas jus buah kepada pembeli. Bahkan untuk harga 1 cup jus buah bisa mencapai 15% dari harga buahnya

9. Jualan Makanan dan Cemilan

Makanan dan cemilan menjadi makanan yang banyak diminati orang. Walaupun hanya untuk pelengkap saja, bukan berarti cemilan sedikit peminatnya. Usaha cemilan juga kamu bisa gabungkan dengan usaha makanan lain.

Semua orang perlu makan itulah yang menjadi dasar dari usaha ini. Kamu bisa mencoba bisnis ini dan dikombinasikan dengan makanan anak kos. Apa jajanan anak kos? Seperti siomay, Bakso, Cilok, Batagor, dll.

Bisnis ini merupakan opsi yang baik untuk kamu coba dan kamu kembangkan di sekitaran lingkunganmu. Jajanan ini pasti di setiap daerah di indonesia ada, kenapa? Karena jajanan ini memang lezat dan membuat penikmatnya ketagihan utuk memakannya lagi.

10. Roti

Bagi kamu yang pandai dalam membuat kue atau roti usaha ini sangat cocok sekali. Tidak semua orang bisa membuat roti. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk memiliki usaha sendiri yaitu usaha roti.

Roti merupakan makanan yang banyak disukai banyak orang, tetapi tidak semua orang pandai mebuat roti. Hal ini akan berdampak positif bagi kamu karena mudah untuk mendapatkan pelanggan karena pesaingnya sedikit.

Roti ini juga tidak hanya anda jual di rumah, kamu juga bisa menawarkannya ke toko – toko, supermarket, dll. Buatlah roti yang beragam dan membuat orang selalu ingin memakannya. Apalagi jika kamu mahir membuat kue ulang tahu, zaman sekarang kan lagi tren tuh memberikan kue ke pasanganya maka dia pasti membutuhkan penjual kue untuk membuat kue ulang tahunnya.

Kumpulan ide usaha rumahan diatas ini adalah hanya beberapa usaha yang dapat kamu coba, kamu juga bisa mencari ide usaha yang lain dan kamu bisa temukan di blog Janoopedia ini. Semoga dalam artikel ini bisa menambah wawasan kamu dalam hal bisnis rumahan terutama yang memiliki prospek bagus di sekitar lingkungan mahasiswa kampus dan perkantoran.

Post a Comment for "10 Bisnis Rumahan Sekitar Kampus Mahasiswa Kos-Kosan Kantoran"