Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal Wajib Coba

Janoopedia - Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal
Janoopedia - Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal
Sebagai mahasiswa, kamu dituntut untuk bisa berfikir kreatif agar menjadi seseorang yang bisa hidup secara mandiri dan tidak memberatkan beban orangtua dalam hal pembiayaan. Hal inilah yang membuat Janoopedia membuat artikel ini.

Setiap tahunnya setidaknya ada puluhan ribu mahasiswa yang sudah tamat dan banyak dari mereka bingung untuk mencari pekerjaan. Untuk memulai suatu bisnis, kamu tidak perlu memikirkan harus memiliki modal yang bersar untuk memulainya. Cukup dengan kreatifitas dan tekat yang kuat kamu bisa memulai bisnis kamu hanya dari kamar kost.

Apakah kamu tahu Mark Zuckenberg ? Yap, dia adalah ssalah satu orang terkaya di jagat raya ini, Mark yang kala itu hanya serorang mahasiswa di salah satu Universitas di US dia membuat The Facebook hanya dari kamar kostnya yang kemudian bisa berkembang pesat seperti pada saat sekarang.

Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya sekedar untuk menambah uang saku, tetapi juga sebagai tabungan dan pengalaman untuk bisa berfikir jauh kedepan dan agar nantinya tidak pusing ketika belum mendapatkan pekerjaan setelah wisuda.

7 Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

1. Dropship

Janoopedia - Dropship
Janoopedia - Dropship
Apa kamu pernah dengar istilah ini? Dropshipping merupakan salah satu metode untuk berjualan online. Cara ini sudah banyak menciptakan jutawan-jutawan muda hanya bermodalkan online di internet.

Pada saat sekarang ini, semua orang menginginkan kemudahan dalam hal bertransaksi, salah satunya memalaui jual beli online. Kamu bisa memulainya dengan memilih supplier yang terpercaya dan tepat. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu untuk kedepannya.

2. Affiliate

Janoopedia - Affiliate
Janoopedia - Affiliate
Hampir sama halnya dengan Dropship, affiliate ini juga kamu menjual barang orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Bedanya adalah di program Affiliate kamu tidak bisa menjual barang dengan harga yang kamu inginkan, lalu keuntungan dari mana? Keuntungannya adalah kamu mendapatkan komisi persenan dari setiap barang yang berhasil di order.

Sudah banyak website yang membuka program affiliate untuk yang paling populer ada amazon, ebay, alibaba di indonesia juga ada seperti lazada, blibli, tokopedia, dll.

3. Youtuber

Janoopedia - Youtuber
Janoopedia - Youtuber
Kamu mau terkenal? Kamu mendapatkan uang? Mau punya banyak fans? Kegiatan yang satu ini patutu untuk kamu coba. Banyak orang sekarang memiliki cita-cita menjadi youtuber mulai dari anak – anak sampai orang dewasa.

Menjadi seorang youtuber memang bisa mendapatkan banyak uang tetapi banyak tantangan yang berat harus kamu lewati untuk menjadi seorang youtuber yang berhasil. Jika kamu seorang yang suka di depan kamera, kamu bisa mencoba untuk menjadi youtuber.

4. Blogging

Janoopedia - Blogging
Janoopedia - Blogging
Blogging merupakan aktifitas positif dan kreatif untuk kamu coba, membagikan pengalaman dan ilmu kamu melalui sebuah artikel yang bermanfaat. Seorang blogger jika ingin sukses di dunia blog maka kamu harus rajin menulis dan mempromosikkan blog kamu agar dikenal banyak orang.

Seorang blogger mampu mendapatkan uang dari blognya melalui iklan dan mereview sebuah produk. Menjadi seorang blogger tidak perlu mempunyai komputer dengan spek tinggi dan internet kencang, dengan modal seadanya kamu bisa menjadi seorang blogger bahkan bisa hanya melalui smartphone.

5. Freelancer

Janoopedia - Freelancer
Janoopedia - Freelancer
Bekerja menjadi freelancer memang tidak menghasilkan uang sebanyak bekerja full time, namun tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, tentu jam kuliah kamu tidak terganggu karena kita bekerja tanpa perlu berangkat ke kantor, dan lantas waktu kerja pun sesuai dengan yang kita mau.

Dan karena hal inilah, keuntungan berikutnya yang kamu dapatkan berupa dapat bekerja di lebih dari satu perusahaan sekaligus. Apa saja contoh pekerjaan freelancer? Seperti penulis, barista, fotografer, pemandu wisata, guru les privat, dll.

6. Jasa Pembuatan Website

Janoopedia - Jasa Pembuatan Website
Janoopedia - Jasa Pembuatan Website
Kamu yang merupakan mahasiswa di jurusan IT sangat cocok mencoba pekerjaan ini. menjadi seorang website Developer memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang, pasalnya hampir sebagian besar perusahaan di kita tentunya membutuhkan sebuah website sebagai identitas mereka untuk dipublikasikan kepada orang yang memerlukan jasa mereka.

Anda yang bukan dari jurusan IT juga bisa memilih pekerjaan ini , dengan catatan mau belajar dan tekun dalam mengelola sebuah website.

7. Copywritter

Janoopedia - Copywritter
Janoopedia - Copywritter
Di era digital saat ini, pekerjaan untuk menjadi seorang Copywriter adalah salah satu yang diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang IT. Selain itu, beberapa situs marketplace terkenal juga selalu memerlukan jasa seorang copywriter untuk mengulas banyak produk yang mereka jual secara online.

Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis cepat, tepat dan juga memiliki kemampuan membuat tulisan tersebut bersifat “menarik” perhatian pembeli, kamu cocok bekerja di bidang ini. Pilihlah Pekerjaan Yang Sesuai dengan Skill Kamu

Setiap orang memiliki skill yang berbeda-beda yang sebenarnya akan menentukan keberhasilan  mereka saat bekerja nantinya. Pilihlah jenis pekerjaan yang memang kamu memiliki skill  dasar di dalamnya. Dengan begitu Kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan ide yang kamu inginkan tanpa merasa kebingungan. Anda juga akan menikmati pekerjaan tersebut tanpa banyak mengeluh.

Post a Comment for "7 Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal Wajib Coba"