Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aturan Fair Use Konten Youtube, Penggunaan Wajar Konten Hak Cipta

Aturan Fair Use Konten Youtube, Penggunaan Wajar Konten Hak Cipta

 

Penggunaan Wajar Konten Hak Cipta

    Aturan Fair Use Konten Youtube, Penggunaan Wajar Konten Hak Cipta - Halo YouTubers admin janoopedia disini akan membahas tentang aturan penggunaan hak cipta yang langsung bersumber dari youtube, Topik kali ini adalah Penggunaan Wajar. Hak Milik Penggunaan Wajar Pertama, apa itu penggunaan wajar? Dengan hal ini, Anda dapat gunakan kembali materi yang dilindungi hak cipta dengan beberapa syarat tanpa perlu meminta izin dari pemilik hak cipta. Penggunaan wajar adalah pengecualian peraturan hak milik dan tidak ditentukan oleh YouTube. YouTube tidak memutuskan mana yang wajar dan mana yang tidak. Hanya pengadilan yang dapat memutuskan hal itu. Apa kegunaan penggunaan wajar? Setiap negara memiliki aturan berbeda dalam hal perizinan menggunakan materi tanpa perlu izin pemilik hak cipta. Di beberapa negara, hal ini bukan disebut penggunaan wajar. Misalnya, di Inggris, hal ini dinamakan perjanjian wajar. Terlepas sebutannya di negara Anda, pengadilan biasanya hanya focus pada apakah Anda menggunakan lagu atau musik milik orang lain secara transformatif atau tidak. Intinya, apakah Anda menambahkan ekspresi atau makna baru ke karya asli atau hanya menyalin dari aslinya? Misalnya, di AS, konten yang masuk dalam kategori penggunaan wajar meliputi komentar, kritik, atau pelaporan berita. Dan juga, ingat bahwa menyatakan konten dalam kategori penggunaan wajar seperti memberi kredit ke pemilik hak cipta atau menambahkan penafian seperti,"Tidak bermaksud melanggar hak cipta" tidak berarti Anda sudah terlindungi.

    Bagaimana penggunaan wajar ditentukan menurut undang-undang? Menentukan penggunaan wajar tidak pernah mudah. Di AS, penggunaan wajar hanya bisa ditentukan di pengadilan oleh hakim. Hakim menimbang kasus secara keseluruhan berdasarkan beberapa faktor berbeda. Berikut beberapa hal yang perlu diingat berdasarkan pengalaman di pengadilan. Anda akan cenderung tidak memenuhi syarat penggunaan wajar jika: video hanya menyalin video orang lain tanpa menambahkan apa pun. jika Anda mencoba memonetisasi video Jika Anda menggunakan materi berhak cipta fiktif, bukan materi factual jika Anda meminjam materi dalam jumlah besar, bukan jumlah kecil jika fokus utama video Anda adalah materi yang dilindungi hak cipta atau, jika cara Anda menggunakan materi itu mengurangi kemampuan pemilik hak cipta untuk mendapatkan keuntungan dari karya asli mereka.

    Pertimbangkan semua faktor-faktor ini dalam hal penggunaan wajar. Tapi perlu diingat juga bahwa tidak ada jaminan Anda berhak atas penggunaan wajar hanya karena Anda telah mematuhi semua faktor tadi. Misalnya, hanya karena Anda tidak memonetisasi video atau Anda hanya menggunakan sebagian kecil materi berhak cipta, itu tidak berarti Anda berhak secara otomatis atas penggunaan wajar. pengadilan akan memeriksa secara menyeluruh, Menggunakan karya berhak cipta milik orang lain selalu berisiko. Pertimbangkan baik-baik semua faktor tadi dan minta nasihat hukum, jika perlu.

    Perusahaan hanya mengklaim beberapa detik dari video. Itu penyalahgunaan hak, 'kan? Salah satu mitos terbesar penggunaan wajar adalah Anda boleh menggunakan potongan singkat karya berhak cipta milik orang lain. Namun, terlepas dari anggapan orang tidak ada aturan durasi untuk penggunaan konten milik orang lain yang dilindungi otomatis menurut prinsip penggunaan wajar. Bahkan, pengadilan telah menolak argumen penggunaan wajar untuk lagu yang hanya menggunakan beberapa detik dari karya orang lain. Jadi, jika Anda menggunakan sebagian konten yang bukan milik Anda meski hanya beberapa detik, Anda berisiko mendapatkan klaim atau terkena penghapusan.

    Anda punya hak untuk mengklaim penggunaan wajar, tapi hanya pengadilan, bukan YouTube, yang dapat memutuskan apakah penggunaan konten orang lain dilindungi prinsip penggunaan wajar atau tidak. Karena itu, YouTube mendorong kreator untuk menghapus konten yang diklaim jika merasa konten itu tidak cukup menambah nilai video mereka. Itu sebabnya kami membuat fitur untuk membantu Anda mengindentifikasi konten yang diklaim di video Anda dan menghapus atau mengganti musik yang diklaim dengan lagu bebas hak cipta dari Koleksi Audio YouTube yang gratis. Kini YouTube juga mewajibkan penggugat menambahkan tanda waktu ke klaim mereka agar Anda tahu persis bagian video Anda yang diklaim.

    YouTube juga telah mengupdate fitur pengeditan sehingga saat Anda menghapus manual konten yang diklaim di video, klaim akan dicabut secara otomatis, memulihkan kemampuan monetisasi video Anda jika sebelumnya video telah dimonetisasi. Mengapa konten saya yang mematuhi prinsip penggunaan wajar terus-menerus terkena klaim Content ID? Sistem otomatis seperti Content ID tidak bisa menentukan penggunaan wajar yang seharusnya diputuskan secara subjektif dan kasus per kasus hanya oleh pengadilan. YouTube tidak dapat melakukan arbitrase sengketa penggunaan wajar dan sistem otomatis Content ID tidak bisa menetapkan penggunaan wajar, ini tidak berarti penggunaan wajar tidak ada di YouTube.

    Jika Anda seorang kreator,jangan mengandalkan penggunaan wajar kecuali Anda mengerti cara kerjanya, dan siap membela diri melalui proses sengketa Content ID, serta mungkin proses permintaan pemulihan. Penggugat lalu harus mencabut atau mengajukan gugatan. Ini tidak boleh dianggap enteng atau ditangani tanpa nasihat hukum. Tapi ini langkah paling ampuh jika Anda ingin membela diri untuk penggunaan wajar dan akan mengharuskan peninjauan lebih cermat oleh penggugat. Jadi inilah penggunaan wajar.

 

Post a Comment for "Aturan Fair Use Konten Youtube, Penggunaan Wajar Konten Hak Cipta"