Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Dasar Menjadi Youtubers, dari Upload Video Sampai Dapat Uang

 

Aturan Dasar Menjadi Youtubers, dari Upload Video Sampai Dapat Uang

Pahami dasar dasar awal menjadi Youtubers

Aturan Dasar Menjadi Youtubers, dari Upload Video Sampai Dapat Uang - Halo youtubers admin janoopedia kali ini akan berbagi info tetang hal basic menjadi youtubers yang bersumber dari youtube langsung, Menjadi konten kreator di YouTube adalah cara menyenangkan untuk menyalurkan kreativitas, menyuarakan pendapat, dan membangun komunitas. Jika ingin mengupload video ke YouTube dan mungkin sekaligus menghasilkan uang, ada beberapa hal yang harus diketahui. Untuk mengupload video ke YouTube, Anda harus mengikuti Pedoman Komunitas dan hukum hak cipta dari youtube itu sendiri. Jika ingin menghasilkan uang melalui channel youtube, Anda harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube dan memahami pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. Berikut ringkasan tiap pedoman dan kebijakan:

Pertama, Pedoman Komunitas YouTube: Pedoman Komunitas dibuat untuk memastikan konten kreator tetap terlindungi. Pedoman ini menjelaskan hal-hal yang diizinkan dan tidak diizinkan di YouTube dan berlaku bagi semua jenis konten, termasuk video, komentar, link dan thumbnail. Sebagian besar isinya adalah aturan yang umum diketahui seperti "Jangan melecehkan orang lain atau memposting video kekerasan atau vulgar". Namun, pedoman ini juga berisi aturan khusus YouTube seperti tidak memposting komentar berulang dalam jumlah banyak, dan lainnya sebagainya. Jika melanggar Pedoman ini, Anda akan mendapat peringatan dahulu, lalu teguran, jika melanggar lagi yang mengakibatkan pembatasan akses ke beberapa fitur. Jika mendapatkan 3 teguran Pedoman Komunitas dalam 90 hari akun Anda akan dihentikan.

Berikutnya, tentang aturan hak cipta. YouTube tidak membuat hak cipta tetapi semua konten kreator harus mengikuti hukum hak cipta setempat untuk mengupload video. Hak cipta adalah hak hukum, artinya Anda tidak boleh menggunakan karya asli orang lain di video tanpa izin pemiliknya. Ini mencakup video, musik, atau karya kreatif orang lain. Karena itulah youtube memiliki sistem Teguran Hak Cipta dan Content ID. Jika pemilik hak cipta mengajukan keberatan masalah hukum yang valid ke YouTube yang dikenal sebagai 'permintaan penghapusan', maka youtube akan menghapus konten Anda dan Anda akan menerima Teguran Hak Cipta.

Ada 3 cara untuk menyelesaikan teguran hak cipta ini yaitu, Menunggu 90 hari agar masa berlakunya habis, Menghubungi pemilik hak cipta yang menghapus video dan memintanya menarik kembali keluhannya, Atau, mengirimkan permintaan pemulihan jika merasa video dihapus karena kekeliruan atau kesalahan identifikasi. Jika mendapatkan 3 Teguran Hak Cipta dalam 90 hari akun Anda akan dihentikan. Sebaliknya, Content ID adalah sistem pemberlakuan otomatis yang memungkinkan pemegang hak cipta terbesar di dunia menemukan karya mereka yang sedang digunakan orang lain di YouTube, lalu mengklaimnya. Setelah diklaim, mereka bisa memilih untuk melacak, memonetisasi, atau memblokirnya. Klaim Content ID pada video tidak menghasilkan Teguran Hak Cipta dan tidak memengaruhi akses channel ke fitur. youtube juga memiliki alat yang memungkinkan Anda menyelesaikan klaim Content ID seperti memangkas konten yang diklaim. Anda dapat menemukan alat ini dan melihat klaim Teguran Hak Cipta atau Content ID yang aktif di YouTube Studio. Perlu diperhatikan juga bahwa di beberapa wilayah tertentu Anda dapat menyertakan karya orang lain. Jadi pelajari hal yang dianggap sebagai penggunaan wajar dan domain publik. Pedoman Komunitas YouTube dan hukum hak cipta adalah dua hal yang harus diketahui untuk mengupload konten ke YouTube. Perhatikan bahwa teguran pedoman komunitas dan Teguran Hak Cipta adalah dua hal berbeda dan tidak saling memengaruhi.

Terakhir, mari pelajari Program Partner YouTube dan pedoman konten yang cocok untuk pengiklan, dua hal yang harus diketahui untuk menghasilkan uang dari konten. Program Partner YouTube, yang juga dikenal sebagai YPP memberi kreator akses ke lebih banyak referensi dan ke fitur monetisasi. Untuk mengajukan permohonan bergabung ke YPP, Anda harus bereputasi baik di YouTube memiliki minimal 1.000 subscriber dan memiliki 4.000 jam waktu tonton public yang valid dalam 12 bulan terakhir. Periksa sejauh mana Anda memenuhi sasaran ini dan ajukan permohonan bergabung ke YPP di tab monetisasi YouTube Studio. Agar tergabung dalam YPP, Anda juga harus mengikuti kebijakan monetisasi YouTube. Kebijakan ini dirancang untuk memberikan penghargaan kepada creator yang berupaya keras dalam membuat konten yang unik dan asli. Artinya, youtube tidak mengizinkan channel anda bergabung di program ini jika channel otomatis menghasilkan konten berulang atau hanya memposting ulang konten yang sudah diposting kreator lain meskipun sudah memiliki izin.

Setelah tergabung di YPP, Anda bisa mendapat uang dari fitur seperti langganan Super Chat, atau membuat merchandise setelah memenuhi kriteria kelayakan. Anda juga bisa menayangkan iklan di video. Jika mau mendapat uang dari iklan di YouTube konten harus mengikuti pedoman konten yang cocok untuk pengiklan YouTube. Konten yang cocok untuk pengiklan sesuai bagi sebagian besar penonton. Konten tidak menampilkan konten sensitif, seperti konten yang berbau seksual atau penggunaan narkoba. Namun, jika video berisi tema dewasa mungkin pendapatan yang diperoleh lebih sedikit dari keseluruhan iklan karena lebih sedikit merek yang tertarik menampilkan iklan di video itu.

Semoga dengan ringkasan ini Anda lebih paham hal yang disyaratkan untuk mengupload dan menghasilkan uang di YouTube. Terima kasih salam sukses dari janoopedia.

Post a Comment for "Aturan Dasar Menjadi Youtubers, dari Upload Video Sampai Dapat Uang"