Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Peluang Usaha Modal Kecil Skala Rumahan

Janoopedia.com - Peluang Usaha Modal Kecil Skala Rumahan
Sekarang ini banyak peluang usaha baru yang bermunculan dan membuat semakin banyaknya wirausahawan yang sukses karenanya. Bukan hanya untuk usaha yang skala besar, peluang usaha untuk skala kecilpun banyak. Munculnya berbagai macam peluang usaha baru membuat setiap orang ingin memiliki usaha sendiri walaupun hanya dalam skala kecil. Seperti kata Bob Sadino yang notabene adalah seorang pengusaha sukses, dia pernah mengatakan "sekecil apapun usaha yang kamu punya, kamu adalah bos di usaha kamu sendiri". Kata kata Bob Sadino tersebut dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk memulai usaha.

Di era digital sekarang ini, banyak pengusaha tidak hanya membuka toko yang ada wujudnya, tetapi sekarang sudah berkembang untuk membuka toko secara online di internet yang dapat menjangkau orang lebih luas bahkan seluruh penjuru dunia. Bahkan pengusaha yang berkecimpung di dunia internet cenderung memiliki penghasilan yang fantastis.

Kita harus pintar pintar dalam memilih usaha apalagi yang dapat dimulai dengan modal yang kecil, ini dapat dijadikan kesempatan yang baik. Dalam dunia usaha modal memang menjadi salah satu faktor penting tetapi ada yang lebih penting lagi dari pada modal uang. Yaitu skill, memiliki skill yang memadai adalah kunci keberhasilan kamu dalam berbisnis.

10 Peluang Usaha Modal Kecil Skala Rumahan

1. Les Private

Jasa mengajar les private untuk mata pelajaran sekolah saat masih sangat diperlukan. Usaha ini cocok untuk kamu yang ingin sekedar menambah penghasilan. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing dan bermusik juga banyak diperlukan jasanya untuk mengajar secara private.

Untuk awalnya kamu bisa menawarkan jasa les private kamu dengan cara datang dari rumah ke rumah untuk mengajar les private. Ketika nantinya jasa kamu sudah terkenal dan memiliki banyak murid, kamu tidak perlu untuk datang dari rumah ke rumah lagi tapi para murid yang datang menemui kamu.

Modal untuk membuka Les private saya rasa hanya keterampilan kamu dalam ilmu apa yang akan kamu ajarkan. Secara materil kamu hanya perlu ongkos yang kecil untuk mencari murid di awal usaha kamu.

Jika kamu membuka Les privat dirumah berarti kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli peratalatan seperti papan tulis, spidol, dll. Tapi jika diadakan di rumah murid kamu hanya perlu biaya untuk ongkos transportasi. Tarif les bisa kamu tentukan berdasarkan pasaran biaya les private sesuai dengan lingkungan sekitarmu..

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika Anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan Anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi Anda.

2. Bisnis Online

Bisnis Online adalah suatu bisnis yang dijalankandan dipasarkan secara online. Jadi setiap orang yang berkecimpung di bisnis online melakukan semua kegiatan bisnisnya hanya melalui internet. Peluang bisnis online di Indonesia khususnya sangatlah besar. Ini didukung denga 130 Juta jiwa lebih yang mengakses internet. Hal itulah yang bisa menjadi ladang uang bagi kamu yang ingin berbisnis online.

Ada banyak jenis bisnis online yang berkembang saat ini, mungkin kamu akan bingung untuk memilih bisnis online mana yang cocok untuk kamu. Saya sudah membuat artikel mengenai 10 Bisnis Online Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa Modal kamu bisa membacanya disana.

Sama seperti bisnis pada umumnya, ketika awal memulai bisnis online ini kamu pasti menghadapi masalah seperti memerlukan modal yang tidak sedikit, hasilnya kecil dan menguras banyak waktu. Di artikel diatas saya sudah menjabarkan bisnis online tanpa modal dan tidak memerlukan banyak waktu untuk mengelolanya.

3. Membangun Blog

Blog adalah salah satu media berbagi konten tertulis yang ada di internet. Blog dapat dijadikan peluang usaha kamu dan bisa dilakukan hanya dirumah. Menjadi Blogger sebutan untuk orang yang mengelola Blog, hanya bermodalkan laptop untuk mengetik artikel dan internet untuk memposting hasil artikel kamu.

Selain itu menjadi blogger juga sangat menyenangkan karena kamu dapat berbagi pengalaman, ilmu dan cerita melalui. Blogger sangat cocok untuk kamu yang hobi menulis, maka jadikan hobi menulis kamu untuk bisa mendatangkan uang yang banyak melalui blog.

Buatlah konten artikel yang bermanfaat dan menarik agar pengunjung blog kamu ramai dan mereka betah berlama - lama membaca di blog kamu. Jika blog kamu sudah ramai maka kamu bisa mendaftar di google adsense agar blog kamu bisa menjadi ladang uang.

4. Jasa Web Developer

Semakin berkembangnya zaman semakin banyak peluang usaha yang muncul. Tak terkecuali jasa web developer. Website merupakan media yang sangat penting dalam menyampaikan informasi. Website sangat diperlukan mulai dari dunia usaha atau bisnis, sekolah sampai website perorangan.

Membuka jasa web developer sangat potensial saat ini dan untuk kedepannya masih sangat diperlukan. Semakin canggih teknologi yang diterapkan maka semakin mahal harga website yang kamu tawarkan.

Untuk kamu yang memahami pemrograman web, pekerjaan yang satu ini pasti menjadi incaran kamu bukan? Web developer sendiri bisa bekerja di perusahaan maupun bekerja secara pribadi. Kamu bisa memasarkan jasa web developer kamu melalui project.co.id, sribulancer, freelancer, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemui project sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Laundry

Zaman sekarang ini adalah zaman yang dimana orang banyak menginginkanyang praktis, cepat, dan tidak repot. Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry menjadi potensial. Bisnis laundry ini bisa dumulai hanya melalui rumah dan tidak perlu membuat kantor yang memerlukan biaya yang cukup besar. Pasar yang sangat potensial memakai jasa laundry biasanya seperti mahasiswa, karyawan, pegawai negeri sipil dan sebagainya.

Agar bisnis laundry kamu banyak orderan saya sarankan untuk memilih lokasi yang ramai penduduk dan dekat dengan tempat tinggal orang yang bekerja sebagai pegawai, karyawan ataupun mahasiswa.

Tidak lupa pula, kamu harus menyiapkan strategi yang pas agar bisnis kamu dapat menyaingi bahkan mengalahkan pemain lama dalam bisnis laundry.

6. Jasa Pengetikan

Percaya atau tidak bisnis pengetikan dapat dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan dan tidal perlu mengeluarkan modal uang yang banyak. Berbekal keahlian mengetik saja dan laptop kamu sudah bisa menghasilkan uang.

Banyak pegawai dan mahasiswa yang malas untuk mengetik karena menurut mereka itu menyita waktu dan merepotkan. Jadi mereka tidak ingin dipusingkan dengan mengetik tugas tugas mereka.

Kamu bisa menawarkan jasa pengetikan ini kepada pegawai kantoran, mahasiswa dan orang orang yang biasanya bekerja di administrasi. Untuk upah dari pengetikan yang dihasilkan ini sudah lumayan untuk menambah penghasilan kamu.

7. Industri Kreatif

Pernahkan kamu mendengar istilah industri kreatif? Apakah industri kreatif itu?

Industri kreatif adalah sebuah pekerjaan yang menghasilkan produk atau jasa yang kreatif. Bekerja di bidang ini memerlukan insting dan kreatifitas yang baik agar hasil yang didapatkan maksimal.

Bisnis yang sedang trend di era digital sekarang ini dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan pokok kamu. Hasil dari industri kreatif ini tidak bisa diremehkan loh, jika kamu serius menggelutinya kamu bisa menjadi orang yang sangat diandalkan dan dicari oleh klien yang membutuhkan jasa kamu. Untuk contoh produk yang dihasilkan dari industri kreatif ini adalah videografi, fotografi, musik, seni pertunjukan, sampai bisnis game.

8. Makelar Properti

Tahukah kamu properti merupakan salah satu aset yang harganya selalu naik setiap tahunnya. Banyak orang yang memiliki uang menginvestasikan uangnya untuk dibelikan properti. Banyak juga investor yang merasa properti itu sudah naik tinggi harganya dan mereka menjual aset tersebut.

Properti seperti tanah dan rumah merupakan salah satu kebutuhan manusia. Dan sudah jelas berarti mereka akan mencari dan membeli properti.

Kondisi inilah yang menjadi peluang bagi kamu untuk bergabung menjadi makelar properti. Menjadi makelar properti tidak memerlukan modal yang besar. Coba perhatikan di lingkungan sekitarmu apakah ada yang ingin menjual aset propertinya atau tidak. Jika iya cobalah tawarkan diri kamu untuk menjadi makelar properti mereka.

Menjadi makelar properti bukanlah hal yang mudah tetapi penghasilannya fantastis luar biasa. Fee yang biasa diberikan untuk seorang makelar properti berkisar 2-5%. Bayangkan saja jika kamu berhasil menjual satu properti senilai 1 Milyar dan kamu akan mendapatkan fee 5% maka kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp. 50.000.000. Fantastis bukan? itu hanya menjual 1 properti loh, bagaimana jika kamu bisa menjual lebih dari itu?

Apakah kamu berminat untuk menjadi makelar properti?

9. Jual Beli Motor Bekas

Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang banyak digunakan orang saat ini, baik diperkotaan maupun di desa. Banyak orang mencari motor bekas beralasan karena harga motor baru terlalu mahal dan mereka tidak memiliki uang yang pas. Jadi mereka lebih memilih membeli motor bekas sesuai dengan budget yang mereka miliki.

Bisnis jual beli motor bekas cukup menguntungkan, apalagi didukung dengan lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha ini. Untuk memasarkannya kamu bisa memanfaatkan marketplace seperti olx, jualo, dll.

Serta manfaatkan juga social media sebagai sarana promosi kamu agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha kamu.

Cek dengan baik sebelum kamu membeli motor untuk kamu jual lagi, jika sampai salam mengambil kamu malah mendapatkan kerugian yang besar untuk membenarkan motor tersebut.

Jagalah kepercayaan kepada pelangganmu agar mereka mau merekomendasikannya kepada orang lain dan dapat meningkatkan penjualan motor kamu.

10. Jual Beli HP Bekas

Handphone juga merupakan elektronik yang banyak dicari. Pengguna handphone dati tahun ke tahun semakin banyak. Bahkan satu orang biasanya memiliki lebih dari 1 handphone.

Bisnis jual beli hp bekas dapat dijadikan sumber pendapatan yang lumayan menguntungkan. Kamu bisa mencari orang yang ingin menjualkan hpnya melalui social media seperti facebook. Biasanya mereka banyak berkumpul di forum forum jual beli.

Untuk keuntungan dari penjualan 1 unit hanphone kamu bisa mengambil keuntungan sebesar Rp. 50.000 - Rp. 500.000 tergantung dengan kondisi hp yang akan dijual.

Pada dasarnya prinsip jual beli ini adalah beli pada saat harga murah dan jual dengan harga yang mahal. Saya sendiri sudah mencoba usaha ini dan terbukti menghasilkan.

Agar keuntungan kamu lebih banyak, maka perbanyaklah jumblah handphone yang kamu jual.

Peluang usaha dapat timbul di mana saja tergantung kepada diri kita sendiri. Seberapa pekakah kita dalam melihat peluang yang ada.

Terus belajar adalah cara untuk mematangkan kemampuang kamu untuk berbisnis. Kamu bisa membaca buku, menonton vide, dan membaca artikel di blog ini tentunya.

Jangan patah semangat bila kamu gagal dalam berbisnis saya termotivasi dengan quotenya Pak Tung Desem Waringin yang bunyinya seperti ini " Tidak ada kata gagal yang ada hanya sukses dan belajar, jika belum sukses berarti harus terus belajar dan jika sudah sukses harus tetap belajar agar dikemudian hari lebih sukses lagi".

Itulah yang harus kamu tanamkan jika ingin menjadi seorang wirausahawan. Menjadi seorang wirausahawan itu harus bekerja keras dan pantang menyerah untuk menghadapi tantangan yang ada.

Semoga dalam artikel ini kamu mendapatkan manfaatnya dan share ke social media kamu agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari hadirnya blog saya yang sederhana ini. Serta berikan jejak kamu berupa komentar dibawah agar saya tetap semangat untuk menulis artikel bermanfaat lainnya.

Post a Comment for "10 Peluang Usaha Modal Kecil Skala Rumahan"